Workshop Pengolahan Data

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia menyelenggarakan kegiatan workshop pengolahan data yang ditujukan untuk mahasiswa tingkat akhir yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan skripsi/tugas akhir. Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Program Studi Manajemen dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen dan dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2023 pukul 10.00 – 12.00 WIB bertempat di Aula Lantai 3, Kampus 1 Universitas Methodist Indonesia di Jalan Hang Tuah No. 8, Medan. Topik workshop pengolahan data difokuskan tentang penggunaan aplikasi SPSS dan WarpPLS versi 8.0.

Pembicara dan fasilitator workshop pengolahan data adalah Kaprodi Manajemen, Robinhot Gultom, S.E., M.Si., yang menyampaikan materi pengolahan data dengan menggunakan Program SPSS, dan Sekretaris Prodi Manajemen, Dr. Jeudi A.T.P. Sianturi, S.E., M.Si., yang berfokus pada pengolahan data dengan menggunakan Aplikasi WarpPLS versi 8.0. WarpPLS merupakan perangkat lunak dengan antarmuka pengguna untuk pemodelan persamaan struktural (SEM) berbasis varians dan berbasis faktor menggunakan metode kuadrat terkecil parsial dan metode berbasis faktor. Perangkat lunak ini dapat digunakan dalam penelitian empiris untuk menganalisis data yang dikumpulkan (misalnya dari survei kuesioner) dan menguji hubungan yang dihipotesiskan. Penggunaan WarpPLS dapat mempermudah mahasiswa dalam membuat penyelesaian skripsi.


Pemaparan materi pada workshop pengolahan data dengan menggunakan aplikasi SPSS dan WarpPLS yang disampaikan kepada seluruh mahasiswa diharapkan dapat membantu mempermudah dalam menyelesaikan tugas akhir mahasiswa.