Sosialisasi Akreditasi Unggul Prodi Manajemen FE UMI

Sosialisasi Akreditasi Unggul Prodi Manajemen FE UMI

Menindaklanjuti pengumuman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengenai raihan akreditasi Unggul Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia melalui Instrumen Suplemen Konversi (ISK), Prodi Manajemen FE UMI menggelar kegiatan “Sosialisasi Akreditasi Unggul Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia” pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022 secara daring melalui media Zoom Meeting. Kegiatan tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa, dosen, alumni, dan pengguna lulusan sebagai bentuk sosialisasi kepada pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal, sekaligus sebagai sebuah media promosi.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia, Dr. Rasmulia Sembiring, S.E., M.M.A., dalam sambutan dan arahannya menyebutkan bahwa akreditasi unggul yang diperoleh Prodi Manajemen FE UMI diperoleh melalui perjuangan yang keras, dan panjang. Persiapan dimulai pada tahun 2018 dengan dibentuk tim akreditasi Prodi Manajemen FE UMI yang harus berjuang untuk meningkatkan akreditasi B ke akreditasi A. Setelah persiapan yang panjang, dan dikarenakan pandemi COVID-19, visitasi secara daring dilakukan oleh BAN-PT pada bulan Agustus 2020, hingga pada 7 Oktober 2020, diumumkan bahwa Prodi Manajemen FE UMI mendapatkan peringkat akreditasi A.

Perubahan kebijakan pemerintah, khususnya mengenai akreditasi prodi dan perguruan tinggi yang beralih dari 7 standar ke 9 kriteria serta adanya kebijakan konversi akreditasi dari nilai A, B, dan C ke peringkat Unggul, Baik Sekali, dan Baik, dimanfaatkan oleh Prodi Manajemen pada awal tahun 2022 dengan dibentuk Tim ISK Prodi Manajemen FE UMI. Tim tersebut bertugas untuk menyelesaikan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) yang harus dikirimkan ke BAN-PT pada akhir Maret 2022. Dengan batas waktu yang tidak panjang, Tim ISK yang diketua oleh Robinhot Gultom, S.E., M.Si., yang sekaligus sebagai Ketua Prodi Manajemen FE UMI, dengan cepat bergerak mengerjakan Instrumen Suplemen Konversi beserta dengan bukti-bukti pendukungnya.

Acara Sosialisasi Akreditasi Unggul dengan MC Rina Dasmaria Nadapdap.

Tim ISK telah bekerja keras, dan berhasil mengirimkan dokumen Instrumen Suplemen Konversi ke BAN-PT tepat waktu, hingga akhirnya pada tanggal 5 Juli 2022 diumumkan bahwa konversi peringkat akreditasi Prodi Manajemen FE UMI berhasil meraih akreditasi Unggul. Hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi Prodi Manajemen khususnya, beserta seluruh civitas akademika Fakultas Ekonomi, dan Universitas Methodist Indonesia.

Kegiatan Sosialisasi Akreditasi Unggul Prodi Manajemen FE UMI diisi dengan perjalanan dan proses penyusunan dokumen ISK oleh seluruh tim yang terlibat, terdiri atas: Robinhot Gultom, S.E., M.Si., Mislan Sihite, S.E., M.Si., Dr. Jeudi A.T.P. Sianturi, S.E., M.Si., Dr. Elperida Sinurat, S.E., M.Si., dan dimoderatori oleh Winarto, S.E., M.Si. Kegiatan ini sekaligus wadah promosi karena peserta yang hadir pada kegiatan tersebut diminta untuk memposting ucapan selamat atas capaian Prodi Manajemen FE UMI yang telah terakreditasi Unggul melalui media sosial yang dimiliki seperti Twitter, IG, WhatsApp, maupun Facebook. Diharapkan melalui jejaring sosial tersebut, berita bahwa Prodi Manajemen FE UMI telah terakreditasi Unggul dapat tersebar luas.

Acara Sosialisasi Akreditasi Unggul yang dipandu oleh Rina Dasmaria Nadapdap dihadiri oleh lebih dari 300 peserta yang terdiri dari unsur dosen, mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan. Robinhot Gultom, S.E., M.Si., selaku Kaprodi Manajemen dalam closing statement-nya mengajak semua unsur agar bahu-membahu dan bekerja keras memertahankan prestasi akreditasi Unggul ini. Dosen, mahasiswa, alumni, civitas akademika Universitas Methodist Indonesia serta pemangku kepentingan lainnya diharapkan dapat berperan aktif dalam upaya mempertahankan akreditasi Unggul Prodi Manajemen FE UMI. Pada kesempatan tersebut, Kaprodi Manajemen FE UMI juga mengajak kepada seluruh peserta agar mempromosikan Prodi Manajemen sehingga banyak calon mahasiswa yang mendaftar di Prodi Manajemen FE UMI.

Unduh Materi Sosialisasi Akreditasi Unggul Prodi Manajemen klik di sini.